Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Ada Apa di Sacred Monkey Forest Ubud Bali?

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Ada apa di Monkey Forest Ubud Bali? Inilah pertanyaan banyak orang yang pertama kali ke Ubud. Sebenarnya lihat peta Ubud Bali saja, anda bisa tahu apa saja objek wisata di ubud Bali. Salah satu yang paling dicari adalah tempat wisata monyet di Bali yaitu the sacred Monkey Forest Ubud Bali. Selain itu baca 5 Tempat Wisata di Ubud Bali yang Wajib Dikunjungi.

Ada Apa di Monkey Forest Ubud Bali?

Anda bisa melihat ratusan kera yang berkeliaran bebas di habitat aslinya yaitu hutan. Ya, di Ubud Monkey Forest terdapat hutan yang cukup luas sebagai paru-paru atmosfir desa ubud. Selain kera dan hutan sebagai objek utama, di Ubud Sacred Monkey Forest juga terdapat rusa, 3 lokasi tempat suci pura, pusat mata air suci, sungai dengan jembatan kayu yang indah, ruang pameran seni, dan tempat pengolahan rumah kompos.

bali-monkey-forest-ubud

Satu hal yang wajib anda ketahui bahwa Ubud Sacred Monkey Forest bukanlah proyek kawasan wisata buatan seperti kebanyakan tempat wisata lainnya. Monkey Forest Ubud adalah hutan sungguhan yang sudah didiami oleh banyak kera sejak dulu. Dan terdapat beberapa tempat suci yang erat kaitannya dengan kegiatan sosial masyarakat setempat. Jadi kawasan ini benar-benar asli alami yang kemudian ditata agar lebih layak di kunjungi sebagai tempat wisata.

Saya katakan demikian karena kera dan hutan itu sudah ada sejak saya lahir. Kawasan monkey forest ubud ini adalah bagian dari wilayah desa pekraman Padangtegal Ubud. Bukan hanya sebatas hutan dan kera, tapi di wilayah ini juga terdapat tempat suci pura dan tempat peristirahatan terakhir yang menjadi bagian aktivitas sosial warga. Anda akan melihat pembauran antara tempat wisata, budaya, konservasi hutan, dan kegiatan sosial warga desa yang sesungguhnya.

Kawasan Sacred Monkey Forest Ubud ini terus ditata tanpa menghilangkan keaslian dan keasriannya. Beberapa pohon besar yang saya tahu sudah ada sejak kecil hingga sekarang masih tetap ada dan makin terawat. Konservasi dan penambahan luas lahan hutan semakin menghijaukan kawasan ini.

sacred-monkey-forest-ubud-sanctuary-templeMonkey Forest Ubud entrance fee alias tiket masuk ke objek wisata di ubud hingga 2015 ini cuma 20 ribu dan 30 ribu untuk dewasa. Anda bisa menikmati waktu sepuasnya berada di dalam kawasan hutan kera yang sejuk ini. Saat ini sacred monkey forest ubud sactuary temple ini terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan kwalitas dan kenyamanan bagi pengunjung. Satu fasilitas terbarunya adalah jembatan kayu yang melintas diatas sungai.

Untuk berkeliling di kawasan ini anda membutuhkan sekitar 1 jam berjalan kaki sambil menghirup udara segar. Jika ada waktu lebih, anda bisa bersantai lebih lama lagi di dalam kawasan ini. Monkey Forest Ubud buka setiap hari mulai pagi jam 8.30 hingga jam 6 sore. Jadi anda bisa menyesuaikan waktu kunjungan setiap hari. Bisa bercengkrama langsung dengan kera yang ada di dampingi oleh para petugas lapangan.

Branding Sacred Monkey Forest Ubud Sanctuary Temple

Tempat wisata monkey forest ubud juga berkembang dari sisi promosi. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengadakan sayembara lomba desain logo pada April-Juni 2015. Lomba ini terbuka untuk umum, mulai dari pelajar, mahasiswa, freelance desain grafis, hingga perusahaan. Dari semua desain logo yang ikut serta, dipilih 10 desain yang menjadi nominator. Nah dari 10 nominator ini wajib melakukan presentasi hingga terpilih 1 desain logo terbaik untuk jadi pemenang sekaligus menjadi logo resmi Monkey Forest Ubud. Singkat cerita akhirnya terpilihlah desain logo dibawah ini sebagai pemenang sayembara lomba logo monkey forest ubud 2015.

Logo-Monkey-Forest-Ubud-Bali-2015Dan kabar baiknya, ini adalah logo hasil karya saya pribadi hehe 🙂  Ya, sebagai warga Padangtegal Ubud Bali dan juga sebagai insan desainer grafis, awalnya saya cuma ingin berpartisipasi untuk memeriahkan.

Dan akhirnya saya menjadi pemenang utama lomba desain logo, bahkan sekaligus menjadi logo terfavorit. Bagi saya pribadi ini adalah Bonus dan bisa memberikan ide desain terbaik untuk kampung halaman. Silahkan baca “Lomba Desain Logo Monkey Forest Ubud” dan “Logo untuk Monkey Forest Ubud Bali”. Logo ini telah menjalani proses koreksi oleh juri dengan perubahan 10% dari ide logo awal.

Tujuan logo baru Monkey Forest Ubud bukan hanya sebatas lomba saja. Tugas logo selanjutnya adalah melakukan branding alias kampanye yang lebih nyata. Logo baru ini ibarat sebuah start, dan kemudian akan menjalani tugas branding. Untuk tahap awal memperkenalkan visualisasi logo ke masyarakat dimulai dengan membuat stiker, kaos, kop surat, iklan, penyesuaian website, desain brosur dan tiket masuk. Semua ini dilakukan demi pembaharuan untuk meningkatkan kwalitas Monkey Forest Ubud sebagai objek tempat wisata di Ubud Bali.

Bali Monkey Forest, Tempat wisata yang wajib dikunjungi

Jangan bilang pernah ke ubud jika anda tidak menginjakkan kaki di kawasan Monkey Forest Ubud. Ini objek wisata yang wajib anda kunjungi jika sedang berlibur di Ubud Bali. Jika anda mengelilingi Ubud, Anda akan melewati kawasan yang asri ini. Rasanya kurang afdol kalau tidak mampir walau hanya sebentar. Gak sampai 1 jam berkeliling pun gak masalah tuh.

ubud-sacred-monkey-forestDi peta Ubud atau Bali map, anda bisa melihat Monkey Forest Road. Coba perhatikan ada banyak penginapan, homestay, villa, hotel, restoran dan kafe disekitarnya. Bahkan anda bisa jalan kaki atau bersepeda mengelilingi Ubud sambil mampir ke Monkey Forest. Oh iya sewa sepeda adalah salah satu alternatif transportasi unik khas Ubud yang murah meriah dan menyehatkan. Katanya biar mirip seperti Julia Robert di film Eat Pray Love itu lho… (Jangan lupa selfie ya)

Tidak susah menemukan lokasi tempat wisata Ubud Monkey Forest ini. Anda bisa jalan kaki atau naik sepeda jika tempat anda menginap lokasinya dekat seputaran wilayah padangtegal atau monkey forest road. Bahkan nama jalan hanoman ubud, jalan sugriwa ubud, jalan jembawan, dan jalan dewi sita di ubud juga diambil dari nama kera dalam kisah pewayangan. Tahukan anda, jika nama jalan monkey forest road sebenarnya terjemahan dari jalan wenara wana yang artinya hutan kera. Jadi nama jalan ini sangat erat kaitannya dengan obyek wisata Monkey Forest Ubud.

Selain Monkey Forest Ubud, ada juga beberapa tempat wisata kera di Bali. Misalnya tempat wisata Sangeh dan Alas Kedaton. Anda juga masih bisa menjumpai kera liar di ujung uluwatu, di puncak kawasan bedugul dan di daerah Pulaki (Bali utara). Namun jenis kera di tempat tersebut memang beda dengan kera di memang di khususkan untuk kawasan wisata.

Monkey-Forest-Ubud-entrance-feePastikan anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke The Sacred Monkey Forest Sanctuary, Padangtegal Ubud Bali. Dan temukan keunikan Monkey Forest Ubud yang membedakannya dari tempat wisata monyet lainnya di Bali. Ayo mampir mengunjungi saudara kita yang tingkahnya lucu-lucu ini. Siapa lagi selain si kera ekor panjang yang suka menghibur dengan aksi kocaknya. Saya tunggu kunjungannya dan silahkan hirup udara segar di kawasan Monkey Forest Ubud Bali.

beda monkey forest ubud dan sangeh
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *