Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Cara Install Windows 10 dari windows 8.1 atau windows 7 GRATIS

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Bagaimana cara install windows 10 dari windows 8.1? Seperti yang kita ketahui bahwa Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang sudah rilis di Indonesia. Sebaiknya anda baca dulu artikel sebelumya tentang cara upgrade windows 8.1 ke windows 10 Gratis. Pastikan juga anda sudah download windows 10 resmi yang berukuran besar sekitar 2GB langsung dari internet.

cara-instal-windows-10-gratis

Persiapan menginstal Windows 10 di komputer PC atau Laptop

Cara menginstall windows 10 sebenarnya gak terlalu susah. Orang awam aja bisa kok, apalagi anda yang sudah terbiasa menggunakan komputer. Intinya tinggal klak klik, ikuti langkah-langkahnya. Tapi sebelum mulai ada baiknya lihat dulu persiapan apa yang mesti dilakukan :

  1. Baterai Laptop

    cara-upgrade-windows-10Khusus pengguna laptop, jika mau install windows 10 pastikan baterai laptop anda sudah terisi penuh dan siapkan charger untuk jaga-jaga. Hal ini sangat penting biar tidak ada urusan lagi dengan laptop yang mati tiba-tiba saat proses installasi. Tapi jika mau install windows 10 di komputer PC, pastikan UPS anda tetap nyala, untuk jaga-jaga ketika listrik mati.

  1. Kecepatan Internet

    cara-upgrade-windows-8-ke-windows-10

    Yang paling penting disini adalah kecepatan internet anda. Walaupun download 2GB anda sudah siap dikomputer, proses upgrade dan install windows 10 ini ternyata tetap membutuhkan koneksi internet yang kencang. Beberapa kali saya perhatikan selama proses update windows 10 berlangsung saya tetap tersambung ke internet.

  1. Spesifikasi Komputer

    cara-update-windows-10-dari-windows-8Oh ya, sebelum mulai install windows 10 spesifikasi komputer saya adalah laptop Acer Note 10 yang kecil dan layarnya bisa dilepas. Ram standar cuma 2 Gb dengan sisa hard disk space di drive C sekitar 6 GB. Biasanya spesifikasi komputer terbaru sudah memenuhi windows 10 minimum system requirements.

Saya menggunakan internet Telkom indihome fiber optic dengan kecepatan 10 GB. Khusus untuk download kecepatannya 1,1 Mega tiap detik. Jadi bagi saya pribadi, ini sudah termasuk kecepatan internet tingkat dewa saat ini. Dengan persiapan seperti ini, kayaknya sih gak akan ada masalah yang berarti. Jika kecepatan internet anda lelet maka akan dibutuhkan lebih banyak waktu selama dalam menginstal windows 10 ini. Untuk Telkom speedy pasti akan lebih banyak cangkir kopi yang akan anda habiskan untuk menunggu.

Sudah siap mulai cara menginstal Windows 10 Gratis?

cara-update-windows-10Pertama kali ketika anda mau upgrade dari windows 7 atau window 8 ke windows 10, spesifikasi komputer akan di cek oleh sistem.

Awalnya saya punya masalah dengan sisa disk space harddisk yang kurang dari 6 GB. Tapi setelah itu saya tidak ditanya apa-apa dan langsung mulai proses upgrade ke windows 10 32 bit. Katanya, Sit Back and Relax.

Saya terlalu kepo, jadi saya memang duduk, pura-pura rileks tapi saya selalu mlototin perkembangan upgradenya. Mulai dari 0%, 5%, .. 50% … eh masih 75% gak rilek-rilek juga. Dasar orang kepo, disuruh rileks eh malah diplototin terus. Bukan karena gak percaya tapi saking penasaran dan akhirnya 100% Completed juga. Tapi inilah indahnya proses yang saya nikmati selama menginstall windows 10.

cara-upgrade-windows-10-dari-windows-7Selama masa kepo, saya perhatikan beberapa kali laptop saya restart dengan sendirinya. Ini bukan kesalahan tapi memang didesain seperti itu, mungkin untuk cek dan syarat install selanjutnya. Setelah 100% benar-benar sukses, saya baru rilek dan lumayan kagum dengan proses instalasi ini.

Maklum ini upgrade dan install windows 10 yang pertama kali saya lakukan sambal tes kecepatan fiber optic indihome. Kalau untuk install kedua kalinya mending nyuruh orang aja deh. Terakhir kali saya menginstall sendiri Windows XP. Waduh.. jadul banget ya! Untuk windows 7 dan windows 8 sudah mulai males, dan merasa nyaman nyuruh orang nginstall. Ya hitung-hitung bantu orang, atau memang sudah bosan? 😀

cara-update-windows-10-dari-windows-8.1Gak henti-hentinya saya berdecak kagum dengan kecanggihan teknologi saat ini. Mengingat saya adalah angkatan veteran pengguna window 3.1 di komputer desktop dengan processor 286 saat masih kelas 2 SMP (ketahuan umurnya Om).

Gak sampe 1 jam, laptop saya sudah berubah menjadi windows 10. Selamat Datang tombol START yang saya rindukan selama ini. Akhirnya setelah sekian lama menghilang, saya bisa menekan kembali tombol start khas Microsoft windows ini. Rasanya seperti orang asing yang ketemu peta di negeri orang. Nah loe.. lebay kan?

Apa kelebihan dan kekurangan Windows 10?

cara-upgrade-windows-7-ke-windows-10Selamat Datang di Windows 10. Yang membuat saya tertarik menginstal windows 10 gara-gara Tombol START-nya. Dengan hadirnya kembali tombol start, I feel like home.

Selama ini saya merasa asing dengan window 8 dengan kotak-kotak layar sentuhnya. Nah, sekarang saya sudah tersenyum kembali dan bermain dengan tombol start home.

Setelah merasa nyaman dengan tombol Start, saya melanjutkan mencoba brower terbaru windows 10 yaitu intenet explorer terbaru dengan nama Microsoft EDGE. Inilah hal kedua yang membuat saya ingin segera upgrade dan install windows 10. Langsung saya coba menulis diatas gambar, bikin highlight di beberapa kata, dan membuat catatan langsung di tampilang browser. Ckckckc… Keren ya. Seandainya 15 tahun lalu browser itu seperti ini, pekerjaan saya sebagai web designer pasti akan jauh lebih gampang.

cara-update-windows-10-gratisSetelah mencoba 2 hal ini, saya pun coba restart dan ketika laptop kembali nyala, ternyata masih ada beberapa update yang dilakukan lagi. Saya pikir semuanya sudah beres, tapi ternyata ada beberapa penyesuaian yang masih dilakukan. Yang pastinya selama proses update windows 10 ini tetap membutuhkan koneksi internet tingkat dewa. Kalau yang lemot dijamin bete sendiri.

Setelah cek aplikasi satu per satu, saya iseng kembali melihat sisa space di drive c yang tersisa. Dan Ternyata sisa disk space cuma 1,5 Gb. Waduh runyam juga kalau begini. Saya perhatikan ternyata bekas direktori windows 8.1 masih ada dengan nama “windows.old” dan itu menghabiskan sekitar 2 GB.

Setelah saya cek ternyata file windows.old lama ini akan otomatis terhapus setelah 1 bulan. Hmmm… Saya gak mau menunggu 1 bulan, dan setelah baca panduannya saya boleh menghapusnya sendiri. Dengan catatan bahwa saya tidak akan bisa kembali ke windows 8.1. OK Gak masalah, toh saya sudah Move On. Tralalalaalaaa… dan selanjutnya, ruang hard disk yang tersisa cukup lapang 4 GB lumayan tuh untuk istall program aplikasi lainnya.

Selanjutnya anda bisa mencoba apliasi bawaan Microsoft antara lain one drive, Microsoft Hello yang bisa deteksi wajah sebagai password, tapi sayangnya Cortana tidak support di Indonesia. Ada juga Xbox, tapi kayaknya belum jalan di negara kita. Hingga saat ini saya masih suka pakai Windows 10 dengan laptop yang bisa dicolek-colek Acer Note 10. Kalau menurut saya pribadi, Windows 10 ini mirip seperti windows rasa andoid. Apalagi jika jenis laptop anda yang bisa berfungsi ganda sebagai tablet dan juga sebagai laptop. Pokoknya sebagai pengguna iMac, tumben saya bilang bahwa Windows 10 juga recomended bro’ !!!

Untuk sementara saya masih menikmati kelebihan windows 10 ini. Masih terkagum-kagum punya mainan baru. Jika anda sudah mencoba windows 10, gak ada salahnya berbagi info dan komentar dibawah ini. Jika anda juga suka dengan Windows 10, apanya yang anda suka?

berapa waktu yang diperlukan untuk menginstal windows 10
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *