Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Internet Cepat Indihome Fiber Optic, keinginan atau Kebutuhan?

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Internet Cepat, siapa sih yang gak mau? Sebelum anda menggebu-gebu memasang internet cepat di rumah, sebaiknya kenali dulu keperluan anda. Saat saya memasang internet cepat fiber optic Telkom indihome, banyak sekali teman, tetangga serta handai taulan yang ngebet ingin segera pasang seperti internet cepat di rumahnya.

indihome-denpasar-baliOh iya, sebelumnya saya sempat menulis tentang cara pasang internet cepat Telkom indihome fiber optic. Ternyata responnya luar biasa, baik secara online maupun offline. Bahkan tetangga saya malah tahu dari artikel yang saya tulis sebelumnya. Mereka mencari di google dan ketemu dengan tetangganya sendiri hehe. Itulah kecanggihan internet.

Paket Harga Indihome Internet Cepat Fiber Optic

Saya sudah berlangganan Telkom indihome sejak April 2015. Fasilitas yang saya dapatkan : Internet cepat fiber optic, Gratis TV berlangganan UseeTV full HD Channel dan Gratis nomor telpon baru. Promo harga paket indihome 10GB unlimited sekitar 350 ribu per bulan hingga Desember 2015. Lokasi saya di Ubud Bali, bukan indihome Denpasar Bali. Mungkin karena jalur pariwisata, di kampung saya lebih dulu tersambung fiber optic daripada beberapa jalan di Denpasar, Bali.

biaya-indihome-telkom

Saya tertarik mengulas kembali tentang indihome dan UseeTV karena banyak sekali yang bertanya. Dalam obrolan kali ini, saya iseng menanyakan apa alasan yang membuat mereka ingin meninggalkan internet telkom speedy dan ngebet banget ikutan beralih ke indihome.

Kasus 1 : Sebut saja namanya Wayan, seorang fotographer yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah daripada di studio fotonya. Saat ini dia menggunakan internet speedy 1 Mb. Sebenarnya kecepatan segitu cukup kok. Tapi kalau ada yang lebih cepat dia mau beralih ke paket telkom indihome. OK, Apakah sudah ada jaringan Kabel fiber optic di dekat rumah? Cek dulu deh!

Saya bertanya lagi. Kalau boleh tahu, tujuannya apa? Intinya dia mau internet selain speedy biar browsing dan streaming lebih lancar. Lalu saya ceritakan tentang promo harga paket indihome 2015. Katanya paket harga indihome fiber optic gak masalah. Apakah anda juga seperti itu?

Kasus 2 : Respon kedua dari salah satu kerabat yang serius menghubungi saya hanya ingin tahu cara memasang internet cepat indihome fiber optic. Rumahnya lumayan dekat dengan rumah saya, jadi asumsinya kalau saya sudah pasang berarti dia pasti juga bisa pasang dong!

Urusan harga paket Telkom indihome fiber optic, no problem. Kali ini saya tidak bertanya tentang kebutuhannya karena saya tahu dia mengelola homestay di ubud. Artinya tujuannya sudah jelas yaitu untuk meningkatkan layanan internet biar tamu yang menginap semakin puas. OK, kalau memang untuk bisnis berarti sudah jadi kebutuhan utama. Tapi saying, anggota keluarganya tidak begitu sering menggunakan internet. Hanya sebatas facebook-an doang, browsing atau streaming pun jarang.

Kasus 3 : Cerita ketiga adalah seorang teman yang selalu eksis di facebook. Ketika saya update status facebook tentang kecepatan download indihome fiber optic yang mencapai 1,1 MB, dia langsung message saya. “Bro’, mau dong saya ikutan pasang!” Waduh… saya bukan pegawai Telkom, saya hanya pelanggan biasa, hubungi saja 147. Setahu saya, dia hanya dirumah setelah jam 6 sore dan berangkat kerja sebelum jam 8 pagi. Jadi anda bisa hitung sendiri kalau internet super cepat itu akan nganggur di rumahnya yang tak berpenghuni.

Apakah anda benar-benar membutuhkan Internet cepat?

Dari ketiga kasus ini, ternyata gaung promosi Telkom indihome fiber optic sejak awal 2015 begitu luar biasa. Semua mau internet cepat, wuss wuss wuss. Entah karena gak mau kalah dengan yang lain, takut dibilang gaptek, atau gak mau ketinggalan trend. Lagi-lagi harga gak masalah, hmmm.

tv-kabel-dan-internetCoba kita lihat di kasus pertama, seorang fotographer yang jarang dirumah. Dia lebih sering menggunakan data connection dan berlangganan paket internet di handphone dan gadget-nya. Palingan ada di rumah ketika lagi senggang dan itupun sudah terpasang internet speedy 1Mb. Memang sih biaya dan harga indihome bukan masalah. Tapi Anda bisa bayangkan seberapa nganggurnya fiber optic itu nantinya, karena si empunya gak pernah di rumah. Lalu saya sarankan si fotographer itu untuk sabar menunggu indihome, karena memang belum ada jaringan terdekat. Toh lebih sering diluar rumah dan sudah ada paket internet di gadget.

Di kasus kedua, seorang pengusaha penginapan yang ingin memanjakan tamunya dengan internet cepat. Lagi-lagi harga paket indihome bukan hambatan. Masalahnya dia dan keluarganya jarang online. Trus… kalau tamu sepi, internet cepat itu tidur pulas dong? Lalu saya sarankan ke pemilik penginapan itu untuk ikutan program booking hotel online. Minimal internet jadi berguna untuk cek booking sekaligus untuk pemasaran.

Kasus ketiga, seorang pegawai kantoran yang kerja jam 9 hingga 5 sore. Aktif di facebook untuk bersosialita, ingin pasang internet cepat indihome biar bisa download saat weekend. Masalahnya dirumah kontrakannya gak ada orang lain lagi. Jadi selama gak dirumah, lagi-lagi internet cepat di rumah itu akan nganggur. Yang pasti dia punya 2 hape dan 1 gadget yang semuanya punya paket internet. Si pegawai kantor ini saya sarankan mampir ke rumah jika memang ingin download. Lagian cuma perlu saat weekend saja. Tapi yang namanya keinginan memang lebih sering mengalahkan kebutuhan.

Tapi apapun alasan yang diberikan ternyata keinginannya sangat tinggi. Dan yang pasti ternyata biaya bukan kendala 🙂 hmmm…

Apakah Sekedar Ingin Internet Cepat atau Memang Butuh?

paket-internet-indihomeKalau saya pribadi, internet adalah sebuah kebutuhan utama. Kata anak saya yang kelas 5 SD, “hidup jadi galau tanpa internet”. Sementara adiknya kelas 1 SD lebih sering nonton kartun indihome, lumayan bisa putus dengan TV kabel. Kalau emaknya asik jualan via facebook. Nah saya sendiri memang penghasilannya dari internet. Tak salah lagi internet bagi keluarga saya adalah sebuah kebutuhan, bukan lagi keinginan.

Saya lebih sering bekerja dirumah, jualan online, jadi affiliate, membuat website toko online, pokoknya gak bisa dibayangkan kalau tanpa internet. Pengguna aktif internet dirumah saya lebih dari 10 orang, ditambah beberapa staff yang ngurusin toko online. Pernah suatu hari, fiber optic bermasalah yang membuat kita gak bisa kerja seharian. Waduh ini namanya Bencana, bukan masalah!

Sebegitu penting kah kebutuhan internet itu? Ya, bagi saya sekeluarga, internet adalah kebutuhan utama bukan sekedar keinginan belaka. Bukan hanya sekedar hahahihi bersosialita di facebook. Mungkin anda juga sama seperti saya.

Jika anda serius ingin memasang internet cepat indihome fiber optic, jangan biarkan internet cepat nganggur begitu saja. Memang sih itu duit anda sendiri, suka-suka gue mau diapain kek, tapi setidaknya galilah potensi internet itu. Gunakan fasilitas internet untuk meningkatkan pengetahuan bahkan meningkatkan pendapatan anda. Ada banyak sekali bisnis online di internet yang anda bisa coba.

Anda bisa belajar jualan online gratis di tokopedia atau bukalapak. Anda juga bisa jualan di facebook atau belajar menulis blog lalu memasang iklan untuk mendapatkan dollar. Dan masih banyak lagi peluang usaha di dunia maya. Ayo manfaatkan internet cepat untuk hal yang produktif. Akhir kata, pastikan dulu apakah anda sekedar ingin punya intenet cepat atau asli memang butuh internet cepat?

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *