Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Tokopedia VS Bukalapak – Apakah Penipuan?

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Anda pasti tidak asing lagi mendengar kata Bukalapak karena iklannya sering nongol di tv. Apalagi pendahulunya si Tokopedia, selain dikenal dari iklan unik di tv sekarang sering juga beriklan di radio. Tokopedia dan Bukalapak adalah 2 situs marketplace Indonesia yang sedang berkompetisi secara ketat dan sehat. Keduanya memiliki sistem yang sangat mirip yaitu memberikan tempat gratis untuk menghubungkan penjual dengan pembeli.

Bukalapak apakah penipuan? Tokopedia Aman Tidak?

Jujur, saya tergelitik untuk membahas kedua marketplace anak bangsa ini gara-gara beberapa pertanyaan berikut ini. Bukalapak apakah penipuan? Bukalapak aman gak? Bukalapak bisa dipercaya? Begitu juga dengan pertanyaan, Tokopedia apakah aman? Tokopedia penipu atau tidak?

tokopedia-bali-denpasar

bukalapak-bisa-dipercayaHarap maklum ketika browsing di internet anda banyak menemukan pernyataan negatif seperti ini. Kalau saya pribadi sih gak ambil pusing deh, Come on.. let’s move on! Mari berpikir bijak.

Bukalapak bukan penipu, begitu juga dengan Tokopedia Aman Terpercaya. Kedua marketplace ini malah membantu memberikan fasilitas kepada para pedagang di seluruh Indonesia untuk berjualan online secara gratis. Gak usah ikutan berfikir negatif!

Anda mungkin khawatir dengan uang hilang atau barang yang tak kunjung tiba karena ulah pedagang nakal. Kekhawatiran itu wajar-wajar saja.

Ketika awal perkembangan transaksi online di Indonesia sering kita jumpai kasus seperti itu. Dulu hal ini membuat pembeli pemula takut untuk bertransaksi via internet. Syukurnya seiring waktu, kepercayaan para pembeli ke pedagang semakin besar. Begitupun para pedagang makin menjaga kepercayaan pelanggannya. Iklim inilah yang sebenarnya dibutuhkan dalam jual beli online, yaitu Saling Percaya! Tenang, Bukalapak dan Tokopedia mempunyai sistem rekening bersama.

tokopedia-penipu-atau-tidakMisalnya anda beli tas di tokopedia atau jam tangan di bukalapak, setelah proses pemesanan selesai, anda wajib melakukan konfirmasi pembayaran. Uang anda akan masuk ke rekening bersama dulu, lalu si pedagang wajib mengirimkan barang. Setelah barang anda terima dengan selamat maka uang anda diteruskan ke pedagang. Jadi selama barang belum anda terima maka uang anda akan tertahan di rekening bersama itu. Inilah sistem kepercayaan jualan online yang win win solution! Pedagang Senang, Pembeli Girang.

Bukalapak Bukan Penipu, Tokopedia Aman Terpercaya!

Baiklah, jika masih ada keraguan, mari kita lihat lebih dalam lagi. Tak ada gunanya berdebat dengan melihat kulit manggis dari luarnya saja, mending lihat ekstrak isinya! Satu-satunya cara untuk membuktikan adalah dengan mencoba sendiri jadi pedagang di Bukalapak dan di Tokopedia. Toh semuanya gratis, nothing to lose! Anda bisa membuktikan sendiri untuk menepis keraguan.

tokopedia-adalah

Khusus untuk membuat artikel ini, saya langsung buktikan dengan membuka toko di tokopedia.com dan gelar lapak di Bukalapak.com. Cara pendaftarannya tidak terlalu sulit kok, cuma modal alamat email dan no hp untuk konfirmasi saja. Selanjutnya tinggal ikuti tahap-tahap dan cara jualan di bukalapak dan cara jualan online di tokopedia. Hingga kedua akun saya siap jualan, tak seperpun diminta bayaran alias gratis beneran.

bukalapak-aman-gakKalau gak percaya, silahkan anda buka toko sendiri seperti yang saya lakukan. Anda bisa menjual barang apa saja, misalnya sepeda, jam tangan, kamera, batu akik, gitar, tas, sepatu, jaket, gadget, kosmetik, hingga mainan anak. Atau anda langsung belanja di tokopedia dan bukalapak untuk membuktikan bahwa bukalapak bukan penipu dan tokopedia aman.

Ayo kita buktikan bahwa Bukalapak dan Tokopedia BUKAN Penipu.

Jika anda suka membuat aneka kerajinan dari kain flanel, silahkan buka lapak saya di Ijolumut Flanel. Atau bagi pelajar yang dapat tugas membuat prakarya dari kain flanel mampir saja ke toko saya di toko Ijolumut flanel. Saya mencoba berjualan langsung di tokopedia dan bukalapak, sekaligus untuk membuktikan bahwa artikel yang saya tulis ini berdasarkan fakta.

bukalapak-apakah-amanGak sampe 1 minggu membuka toko di tokopedia dan menggelar lapak di bukalapak, akhirnya ada yang beli juga! Horeeeee… sebagai pedagang yang awalnya cuma iseng doang, akhirnya jadi serius jualan nih. Senang banget mendapat penjualan Perdana, isitlahnya “Pecah Telor”!

tokopedia-konfirmasi-pembayaran

bukalapak-konfirmasi-pembayaranAda yang membeli beberapa barang dan pastinya sudah mengirimkan uangnya ke rekening bersama. Saya mendapatkan pemberitahuan melalui email dan khusus bukalapak saya juga mendapatkan SMS bahwa ada yang belanja. Sebagai pedagang yang terpercaya, saya pun wajib memenuhi pesanan.

Berhubung semua barang saya memang ready stock alias langsung siap kirim maka gak sampe 1 jam barang terkirim. Kebetulan saya bertetangga dengan kantor pos dan lokasi dekat dengan JNE. Setelah dari POS dan JNE saya wajib memasukkan nomor resi pengiriman sebagai bukti bahwa saya pedagang yang jujur dan bukan penipu.

Setelah barang terkirim dan si pembeli menunggu barang tiba, sebenarnya antara pembeli dan pedagang sama-sama merasa harap-harap cemas juga. Si pembeli cemas jika barang tidak sampai dan takut uangnya tidak kembali. Jangan salah si pedagang juga merasakan hal yang sama lho, merasa khawatir jika barang yang di kirim terlambat atau tidak sampai ke pembeli.

tokopedia-baliSelama masa galau ini, satu-satunya yang memegang kunci adalah jasa pengiriman POS/JNE. Biarkan jasa pengiriman itu bekerja dan kita hanya bisa percaya sepenuhnya selama proses pengiriman. Sebelum pembeli menerima barang, maka uangnya masih tertahan di bukalapak atau tokopedia, dan pedagang belum mendapatkan bayaran. Nah ketika pembeli menerima barang maka uang pedagang baru cair. Gitu prosesnya, jadi mulai sekarang jangan berpikir negatif lagi ya.

Tokopedia VS Bukalapak, Pilih Jualan Online Dimana?

tokopedia-vs-bukalapakNah, sekarang tiba waktunya untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan antar tokopedia dan bukalapak. Saya tidak akan membandingkan hal-hal yang teknis biar gak pusing, seperti kecepatan index, alexa rank, jumlah pengguna dan perhitungan teknis lainnya. Saya akan membandingkan dari segi pemakai saja.

bukalapak-penipuDi bukalapak, anda akan mendapat SMS setiap ada order, jadi memudahkan bagi pedagang yang sering on the way. Di bukalapak harga bisa di tawar alias nego. Harga di bukalapak biasanya lebih tinggi dari harga tokopedia. Bahkan ada pedagang yang membeli dari tokopedia lalu menjualnya di bukalapak. Di bukalapak setiap 1 transaksi sukses anda mendapat 1 push untuk promo produk.

Di tokopedia isinya kebanyakan pedagang semua, jadi bagus untuk kulakan dan mencari supplier. Harga sangat bersaing ketat antara pedagang, ini bagus untuk pembeli kan? Di Tokopedia barang bisa di sortir berdasarkan etalase. Dan Tokopedia lebih dulu lahir daripada bukalapak.

tokopedia-aman-tidakJadi kalau menurut saya pribadi sih, lebih baik langsung buka lapak dan sekaligus jualan di toko pedia. Daripada pusing membandingkan, lebih baik jualan di kedua tempat itu, mumpung gratis. Bukannya semakin banyak tempat gelar dagangan maka akan semakin luas peluangnya? Pilih tokopedia atau bukalapak? Gak usah dipilih tapi gunakan keduanya. Ayo jualan di tokopedia dan di bukalapak. Gimana komentar anda?

bukalapak penipu, penipuan bukalapak, penipuan di bukalapak, bukalapak penipu atau tidak, tokopedia vs bukalapak, penipuan buka lapak, bukalapak penipuan, apakah bukalapak aman, bukalapak vs tokopedia, amankah belanja di bukalapak
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail
8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *